3 Waktu Utama Membaca Ayat Kursi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Tpath.org, Dalam sebuah al qur’an ada satu ayat yang sangat di istimewakan, tepatnya pada surah al baqarah ayat 225 yang di namakan sebagai ayat kursi. Jika mau membaca dan mengamalkan ayat ini, niscaya Allah akan melindungi kita dari hal-hal yang buruk. Selain itu, bacaan ayat kursi bisa menjadi amalan terbaik untuk diri kita agar selalu dekat dengan sang pencipta. Ada sebuah dalil yang mengatakan bahwa hanya Allah yang pantas di sembah dan akan hidup kekal abadi untuk mengurus semua ciptaan-Nya.

Semua yang ada di langit dan bumi, bahkan yang ada di alam semesta ini hanya milik Allah semata. Jadi tidak ada yang bisa memberikan manfaat kecuali atas izin-Nya, karena hanya Dia yang mengetahui semua yang akan terjadi, baik itu yang tidak terlihat atau yang nyata. Bukan hanya itu, Allah juga mengetahui apa yang ada di hati dan pikiran kita. Sedangkan malaikat, jin, manusia dan makhluk ciptaan lainnya tidak akan bisa mengetahui apapun, kecuali atas kehendak-Nya. Berikut ini tiga waktu utama membaca ayat kursi dalam kehidupan sehari-hari.

Waktu Membaca Ayat Kursi

Sumber Gambar : Artidoa.com

1. Ketika Pagi dan Petang

Barang siapa yang mau membaca atau mengamalkan ayat kursi di waktu pagi, niscaya Allah akan melindunginya dari gangguan apapun sampai petang. Begitu pula sebaliknya, barang siapa yang mengamalkannya di waktu petang, maka Allah akab melindunginya sampai pagi hari. Mengamalkan ayat kursi bisa membuat hidup kita merasa tenang, karena akan mendapat perlindungan dari Allah SWT.

2. Setelah Sholat Fardhu

Barang siapa yang mau membaca ayat kursi setelah sholat fardhu atau lima waktu, maka tidak ada yang menghalanginya untuk masuk surga. Yang di maksud dari kalimat di atas adalah siapa saja yang mau membaca ayat kursi setelah bacaan sholat fardhu atau sesudah sholat, maka ia akan masuk ke dalam surga tanpa di halangi siapapun.

3. Sebelum Tidur

Dalam sebuah hadist menjelaskan bahwa ayat kursi merupakan ayat yang paling agung dalam al qur’an. Ayat kursi memiliki banyak keutamaan bagi pembacanya, jadi sebagai muslim kita harus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin masih banyak orang yang bingung, kenapa ayat kursi memiliki keagungan yang lebih? Imam Nawawi menjelaskan bahwa di dalam kalimat ayat kursi terdapat nama-nama dan sifat Allah yang sangat penting yaitu sifat ilahi, wahdaniyah, sifat hidup, sifat ilmu, sifat kekuasaan, sifat kerajaan, dan sifat kehendak.